Followers

Jumat, 25 November 2011

happy teacher's day :)

nge-post lagi. nyampah lagi. hahaha
btw, hari ini hari guru ya?
selamat hari guru buat para pahlawan tanpa tanda jasa di luar sana.
semangat kalian mencerdaskan bangsa tidak akan pernah luntur. semoga saja!


ngomong-ngomong soal guru aku jadi ingat beberapa tahun yang lalu ketika aku juga menjadi seorang guru.
welah, aku ternyata pernah jad guru juga ya. hahaha
iya lebih tepatnya sih co-teacher.


jadi ceritanya begini, dulu waktu aku masih berstatuskan seorang pelajar SMA aku mengambil kursus bahasa Inggris di IEC. *nyebut merk gak papa kan ya?*
sebenernya sih les bahasa Inggris disana udah dari kelas 2 SMP, tapi kebetulan jadi co-teachernya pas udah SMA gitu deh.
awalnya sih sempat ragu waktu ditawarin jadi co-teacher. aku dulu takut gak bisa ngajar.
tapi setelah konsultasi sama orangtuaku dan juga guru lesku disana *thanks Sirs :') akhirnya aku memutuskan untuk mencobanya.
tugas co-teacher sebenarnya mudah-mudah susah *halah*
jadi kan di IEC tuh ada kegiatan ekstrakurikulernya, nah yang meng-handle ekstrakurikuler itu adalah kami para co-teacher.
dulu biasanya aku handle Daily Meeting *ini semacam pertemuan murid-murid dari berbagai level, biasanya bahas topik tertentu, diskusi, singing, bla bla bla macem-macem lah. kalo yang buat anak kecil biasanya sore, kalo yang buat umum biasanya malem. durasinya cuma sekitar 1 jam-1.5 jam lah tergantung topik yang dibawain* kemudian ada juga library *di library biasanya anak-anak kecil kita ajarin baca bahasa Inggris, atau cerita pake bahasa Inggris. totally boring but I like it. LOL* trus ada juga e-learning *nah ini biasanya menyangkut komputer. jadi ada ruang khusus komputer gitu biasanya kita kasih games ke anak-anak yang edukatif dan yang pasti pake bahasa Inggris* trus dulu ada juga yang kayak semacam kelas buat grammar gitu, aku lupa namanya. pokoknya rame lah ya ekstrakurikulernya. dan yang handle itu semua adalah co-teacher.
selain ekstrakurikuler, tugas co-teacher lainnya adalah menggantikan guru ketika si guru tidak bisa masuk kelas. aku pernah beberapa kali gantiin guruku ngajar di kelas karena beliau berhalangan masuk. dan itu sangat-sangat tidak mudah sodara-sodara! ya iyalah, secara waktu itu dalam satu kelas kan belum tentu semuanya seumuran. bahkan aku aja pernah ngajar Daily Meeting yang ada guru sejarahku sendiri di sekolah!! *malu tapi bangga hahahaha*
kalo dulu biasanya sebelum kami handle Daily Meeting ataupun ekstra yang lain kami para co-teacher membuat mini plan. ini semacam rencana kecil kami menyangkut apa saja yang akan kami lakukan nanti di kelas. susah-susah gampang loh bikin mini plan ini, soale ada tujuan sasarannya juga. jadi gak boleh sembarangan juga ngasih bahan ajar.


dan sekarang aku udah gak ngajar lagi *terakhir ngajar pas KKN-waktu itu ngajar di SD deket tempat KKN-ku*
ada banyak hal yang aku rindukan dari masa-masa dulu ketika aku diberikan kesempatan untuk mengajar seperti itu. ada banyak hal yang terjadi ketika aku mengajar *dulu bahkan aku pernah digigit oleh muridku sendiri karena dia gemas katanya sama Ms.Intan raawwrr* pokoknya aku belajar banyak banget dulu ketika aku mengajar.
susahnya nyari uang juga aku rasakan ketika mengajar, bagaimana meng-handle siswa, membuat materi ajar yang sesuai dengan kebutuhan siswa, wah pokoknya rempong banget.
tapi ada kebanggan tersendiri ketika muridku bisa mempelajari hal baru yang aku sampaikan pada mereka. ada kenikmatan tersendiri ketika mereka belajar bersama-sama denganku. dan bahkan aku terharu ketika masih ada muridku yang dulu pernah aku ajar yang masih ingat denganku :') wah rasanya gimanaaaaa gituuu. hahaha


nah, itu mungkin yang bisa aku ceritakan sekarang. untuk para guru di luar sana tetap berjuang. aku sendiri pernah merasakan susahnya mengajar, dan semoga para guru di luar sana tidak pernah patah semangat untuk terus memberikan dirinya bagi pendidikan di Indonesia.
hiksss...


blog ini terkhusus aku dedikasikan untuk para guru yang telah mendidikku hingga saat ini :
guru-guruku tercinta di TK Cindera Mata Bekasi, SD Cindera Mata Bekasi, SMP Cindera Mata Bekasi, SMA Negeri 4 Bekasi, Intensive English Course Taman Harapan Baru Bekasi, dan dosen-dosenku di jurusan Bahasa Korea FIB UGM :) selamat hari guru. kalian semua pahlawan tanpa tanda jasa :')

Tidak ada komentar:

Posting Komentar