Followers

Jumat, 08 April 2011

hobi baruku.lalalala~

dear readers, kali ini aku mau share nih tentang hobiku akhir-akhir ini yang berkaitan dengan uang. jangan salah ya readers, uang disini maksudnya bukan aku menghambur-hamburkan uang demi hobi baruku ini, tapi uang disini tuh maksudnya aku lagi hobi nyari uang. nah lo, emangnya uang bisa dicari gitu ya? dicari dalam artian nyari dipinggir jalan siapa tau ketemu uang? hahahaha. no no no. bukan kayak gitu readers.nyari uang disini kan macem-macem pengertiannya. pengertian dalam arti cara mencari si uang tersebut. sadar atau nggak nih, kita tuh ngapa-ngapain sekarang ini butuh uang. ya nggak? makan butuh uang, sekolah butuh uang, jalan-jalan aja juga butuh uang, bahkan ke kamar mandi aja butuh uang. dunia seakan-akan nggak bisa jalan tanpa adanya uang. semua harus ada uang dan uang dan uang. mungkin bukan bermaksud mengagung-agungkan uang, tapi uang disini kan dalam artian merupakan salah satu kebutuhan kita untuk bisa survive bertahan hidup. coba kalo nggak ada uang, mama kita masak beli beras pakai apa?

nah, sekian tadi tentang si uang yang kebutuhannya makin meningkat dalam dunia saat ini, balik lagi ke topik semula yaitu hobi baruku. anyway, hobi baruku ini adalah j-u-a-l-a-n alias jualan. guys, pasti kalian akan bertanya-tanya aku jualan apa? atau emang bisa si intan jualan ya? hahahaha. seperti yang kalian semua sudah ketahui, hobi baruku ini sebenernya muncul sejak beberapa hari yang lalu karena terinspirasi oleh usaha dana PMK yang lagi giat-giatnya jualan bakpao, pisang cokelat keju, ataupun makanan lainnya untuk mencari dana. nah aku pun jadi tertarik buat jualan. kenapa nggak dicoba aja nyari uang dengan cara gitu. meskipun sama-sama jualan makanan—aku juga jualan makanan—tapi yang ku jual ni makanan ringan alias snack alias cemilan. bukan ringan karena aku jualan angin loh. tapi jualan snacks. dimana aku jualan? di depan kamarku sendiri. kok bisa? nah readers, jadi pola jualanku kali ini merupakan pola yang biasa disebut dengan nama kantin kejujuran. pasti kalian pernah denger yang namanya kantin kejujuran kan? kantin kejujuran ini udah mulai diterapkan dibeberapa sekolah di Indonesia (untuk lebih jelasnya sekolah mana aja aku lupa, tapi kalo nggak salah aku pernah baca salah satu sekolah yang mulai menerapkan pola kantin kejujuran ini adalah salah satu SMA Negeri di kota Bekasi). so, cara kerja dari kantin kejujuran ini adalah makanan yang dijual dipajang trus ditulisi harganya, nah kalo ada siswa yang mau beli makanan si siswa tadi tinggal ngambil makanan yang mau dia beli trus ditaruh deh uang yang sejumlah dengan harga makanan tersebut di suatu wadah yang udah disediakan. pola kantin kayak gini nih melatih kita untuk bisa jujur loh.

nah, aku pun menerapkan hal yang sama di kosku tempat aku memasarkan jajananku. jadi aku biasa taruh makanannya di gelas atau toples atau botol air yang udah ku potong trus aku tulisin harga jajanannya di toples atau botol tersebut. kemudian aku juga menyediakan gelas kecil buat naruh uang. biasanya ditulis “uangnya taruh di gelas ini ya” gitu. nah, gampang kan cara kerjanya. Makanan yang ku jual juga harganya beragam, ada yang 500perak, 1000 Rupiah, sampe 2000 Rupiah. oya, kalo si pembeli nggak punya uang pas alias uang receh, biasanya aku udah naruh uang recehan di gelas tempat uang ditaruh jadinya, si pembeli bisa ambil uang dari gelas yang sesuai sama jumlah kembalian yang seharusnya dia terima. akan tetapi readers, cara jualan seperti ini juga ada kelemahannya loh. kamu harus siap merugi kalo ternyata uang hasil jualanmu kurang alias ada yang nggak bayar. untungnya selama aku jualan (padahal aku baru jualan 2x) belum pernah merugi. ya jangan sampe sih, kan kasian yang jualan dong kalo sampe rugi, padahal niatnya mau nambah uang jajan eh malah jadi nombokin kan nggak lucu.

well, itu sih hobi baruku yang bisa ku share-kan kepada kalian semua. kalo kalian juga tertarik iseng-iseng jualan kayak aku silakan aja. modalnya kecil, sederhana, yaaa meskipun untung yang didapet juga nggak terlalu besar tapi kan nggak ada salahnya nih salah satu metode nyari uang ini kalian coba, toh inget kata pepatah sedikit-sedikit lama-lama jadi bukit. nah sama juga kayak ngumpulin uang, nanti kalo ditabung juga lama-lama jadi banyak, yang penting ada niat, usaha, dan doaaaaaaa…….
semoga ini bisa jadi inspirasi buat kita semua.


cheers^^

1 komentar:

  1. jualan di kostku yg isinya cuma 4 orang kira2 sapa yang bakal beli ya... hiks. padahal oke juga tuh idenya tan :P

    BalasHapus