Followers

Senin, 12 September 2011

Candi Ratu Boko


Yo Yo Yo… kayaknya blog-ku akhir-akhir ini temanya jalan-jalan semua nih. Udah kemarin ada dari Serang, trus ke Paris alias pantai Parangtritis, dan sekarang gilirannya Candi Ratu Boko. Yup, candi Ratu Boko. Ada yang belum pernah denger namanya? Mungkin agak asing di telinga karena memang nggak setenar Candi Prambanan atau Candi Borobudur, tapi yang jelas candi yang terletak di daerah Prambanan ini menawarkan pemandangan yang juga luar biasa indah.


Obyek wisata Ratu Boko terletak kurang lebih 2 km ke arah selatan candi Prambanan, 18 km arah timur kota Jogja, dan 50 km dari arah barat kota Solo. Candi ini terletak di atas bukit yang merupakan kelanjutan pegunungan seribu seluas kurang lebih 250.000 m²dengan ketinggian kurang lebih 195.97 m.


Well, buat kalian yang mau berkunjung ke candi Ratu Boko ini aku saranin sih datang menjelang sunset. Cobain deh suasana sunset sekali-sekali dari tempat ini. Dijamin romantis abis dan keren banget. Selain karena letaknya yang tinggi tadi—jadi bisa lihat pemandangan kota Prambanan—tempat ini juga keren buat dijadiin tempat foto-foto. Gak percaya? Nanti aku kasih liat beberapa foto-foto hasil jepretanku dan pacarku, Andre, disana.


Hmm.. untuk tiket masuk ke candi Ratu Boko ini terbilang terjangkau kok. Cukup dengan Rp 22.000 (2 orang dan satu kendaraan bermotor) kita bisa masuk candi dan menikmati indahnya panorama yang ada. Makin seru juga ketika lihat kandang dengan beberapa ekor rusa  di dalamnya yang letaknya gak jauh dari pintu masuk. Aaaaaahhhhh, jadi pengen kesana lagi dan stay lebih lama—soalnya tadi cuma sebentar -______________-


FYI aja nih, nama Kraton Ratu Boko berasal dari Kraton dan Ratu Boko. Kraton berasal dari kata Ka-da-tu-an yang artinya tempat istana raja, Ratu Boko berasal dari Ratu yang berarti Raja dan Boko berarti bangau. Pengertian ini kemudian menimbulkan pertanyaan. Siapa yang disebut raja bangau itu, apakah nama seorang penguasa atau nama burung bangau sungguhan yang sering hinggap di kawasan perbukitan Ratu Boko. Seperti diketahui bahwa pada bagian utara, barat, dan selatan dari perbukitan Ratu Boko merupakan tanah ngarai yang amat luas dan subur untuk daerah pertanian, sedangkan di bukit Ratu Boko sendiri terdapat kolam-kolam sebagai tendon air dari yang berukuran besar sampai kecil.


So, penasaran? Hahahahaha, ayooo datang aja ke sana.. dijamin asyik tempatnya loh, Guys.


Cheers^^


Tidak ada komentar:

Posting Komentar