Followers

Kamis, 22 September 2011

Gunung Api Purba Nglanggeran

oke, sekarang aku mau posting survey tadi siang ke Gunung Api Purba Nglanggeran http://www.smileycodes.info
jadi tadi siang aku, Titis, Roma, dan Andre survey ke daerah Gunung Kidul khususnya ke Gunung Api Purba Nglanggeran. kami survey dalam rangka mencari tempat untuk makrab mahasiswa baru PMK FIB UGM. nah, karena kemarin masih mencari opsi lain untuk tempat makrab makanya kami memutuskan untuk coba survey ke daerah Nglanggeran tadi.

Gunung Nglanggeran terletak di Desa Nglanggeran Kecamatan Patuk Kabupaten Gunung Kidul. jarak tempuh dari kota Jogja menuju Nglanggeran kira-kira 25 km, sedangkan kalau dari kota Wonosari sendiri sekitar 20 km. ada 2 jalur untuk menuju Objek Wisata ini melalui jalan aspal yang mulus, jika dari arah Wonosari kita melewati Bunderan Sambipitu, ambil kanan arah ke dusun Bobung/kerajinan Topeng, kemudian menuju Desa Nglanggeran ( Pendopo Joglo Kalisong/Gunung Nglanggeran ). Jika dari arah Jogjakarta : Bukit Bintang Patuk, Radio GCD FM belok kiri kira-kira 7 KM ( arah desa Ngoro-oro lokasi stasiun-stasiun Transmisi ), menuju desa Nglanggeran (Pendopo Joglo Kalisong/Gunung Nglanggeran ). 

Kawasan ini merupakan kawasan yang litologinya disusun oleh material vulkanik tua dan bentang alamnya memiliki keindahan dan secara geologi sangat unik dan bernilai ilmiah tinggi. Dari hasil penelitian dan referensi yang ada, dinyatakan Gunung Nglanggeran adalah Gunung Berapi Purba. 

oh ya, untuk masuk ke tempat ini cukup dengan membayar Rp 3000 per orang. dan kalian bisa mendaki gunung tanpa dikenakan biaya tambahan lain. di sini juga ditawarkan berbagai paket untuk acara makrab, camping, atau yang sekedar ingin trekking melihat sunset dan sunrise. harganya beragam untuk perorangnya. namun karena tadi kami hanya survey dan jalan-jalan sebentar jadi kami pun hanya dikenakan Rp 3000 per orangnya.

awalnya sih capek loh naik gunung meskipun memang gunungnya gak setinggi gunung Merapi atau Merbabu, tapi medan yang ditempuh lumayan bikin ngos-ngosan. tadi kami mendaki hanya sampai di gardu pandang pertama. sebenernya masih bisa naik lagi ke atas puncaknya, tapi tadi kami berempat memutuskan untuk turun aja setelah tiba di gardu pandang pertama. capeknya juooosss http://www.smileycodes.info

 yah, mungkin buat pecinta alam yang suka jalan-jalan atau trekking bisa datang ke wisata Gunung Api Nglanggeran ini. gak rugi lah pokoknya 
nih ada beberapa poto-poto kami waktu kami berempat naik, dilihat yaaa...


Andre, Titis, Roma

sebelum naik foto dulu lah

Gunung Nglanggeran

si ketua PMK FIB


pemandangan dari gardu pandang pertama

di atas puncak juga masih bisa gaya


pemandangan dari atas puncak


superb!

2 komentar: